Data relational yaitu salah satu konsep atau teknik how to store the data dengan menggunakan database atau Basis Data. Database itu sebenarnya software yang bertujuan untuk memudahkan proses manipulasi data dan pencarian secara cepat dengandingkan menggunakan file.

Mungkin dari temen-temen masih ada yang salah kaprah antara perbedaan sistem database dengan file, yang jelas MS. Excel bukan merupakan database tetapi file datasource meskipun secara konsep terdiri dari baris dan kolom tetap saja berbeda. yang termasuk database yaitu contohnya

  1. PostgreSQL
  2. Oracle
  3. MySQL
  4. MS Access dan lain-lain.

Jaman sekarang, teknologi database ini ada 2 teknologi yaitu Relational Database Management System dan NoSQL Database, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berinteraksi dengan database biasanya menggunakan query untuk database yang sifatnya relational menggunakan Structured Query Language (SQL) sedangkan untuk teknologi NoSQL Database sama juga menggunakan SQL tetapi independent dan tergantung dari bahasa database yang digunakan contohnya seperti MonggoDB, Casandra dan lain-lain.

Perintah query pada dasarnya dibagi menjadi 4 yaitu,

  1. Select statement, digunakan untuk menampilkan data dari suatu tabel di dalam database.
  2. Data Definition Language atau DDL, biasanya digunakan untuk membuat table atau memanipulasi tabel seperti menambah column, merubah tipe data suatu column dan lain-lain.
  3. Data Manipulation Language ada DML, biasaya digunakan untuk memanipulasi data seperti tambah data, ubah data, dan hapus data dalam suatu tabel di _database)
  4. Transaction Control Language atau TCL, biasaya digunakan untuk transaction management data di database contohnya seperti melakukan rollback ketika terjadi error, melakukan commit dan lain-lain.