Mungkin dari temen-tement masih bingung apa itu class, klo misalnya kita googling pasti jawabanya

class is blueprint blablabal…

Tapi pasti diantara temen-temen klo ditanya apa itu blueprint belum tentu ngerti khan ya?

What is class

Nah jadi klo menurut saya pribadi class itu sama seperti tipe data yang kita buat sendiri. Kenapa saya bilang tipe data nah coba perhatikan java.lang.Integer, java.lang.String dan lain-lain, dari tipe data build-in yang sebutkan itu mereka adalah sebuah kelas tapi yang dibuat oleh Java itu sendiri atau bawaan JDK. Nah karena class yang kita buat itu kita buat sendiri jadi ya saya bilang tipe data yang saya buat sendiri.

Didalam sebuah class biasanya terdiri dari function dan variables, selain itu dengan menggunakan class kita bisa mereprentasikan sebuah object contohnya sebuah sepeda. Sepeda ini jadi dia memiliki sifat dan prilaku, sifat dan prilaku ini lah yang disebut variables dan functions. Contohnya roda, speed, mengikatkanKecepatan(), menurunkanKecepatan(), jumlahPenumpang jadi klo saya buat class seperti berikut:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
package tdi.training.java.core;

public class Sepeda {

private Integer roda = 2;
private Integer kecepatan = 0;

public void meningkatkanSpeed(Integer value) {
this.kecepatan = this.kecepatan + value;
}

public void turunkanSpeed(Integer value) {
this.kecepatan = this.kecepatan - value;
}

public Integer kecepatanSekarang() {
return this.kecepatan;
}

}

Inisialisasi object

Setiap object itu merepresentasikan kehidupan nyata, nah jadi kita tadi udah membuat kerangka objek jadi sekarang bagaimana supaya object itu hidup. Caranya dengan inisialisasi object. Inisialisasi object biasanya menggunakan keyword new kemudian diikuti dengan nama class yang mau digunakan contohnya:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
package tdi.training.java.core;

public class MainAplikasi {

public static void main(String[] args){
Sepeda ontel = new Sepeda();
ontel.meningkatkanSpeed(20);
System.out.println("Kecepatan sepeda ontel saat ini adalah " + ontel.kecepatanSekarang());

Sepeda balap = new Sepeda();
balap.meningkatkanSpeed(120);
System.out.println("Kecepatan sepeda balap saat ini adalah " + balap.kecepatanSekarang());
}
}